Sebanyak 5.916 Masyarakat Maritim Ikuti Vaksinasi di Lanal Banten

Sebanyak 5.916 Masyarakat Maritim  Ikuti Vaksinasi di Lanal Banten

Reporter : Akmal Perkasa I Editor : Aji Rosyad

Cilegon – Konsistensi TNI AL dalam mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Banten masih terus gencar dilakukan, Pangkalan Angkatan Laut Banten kembali laksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi masyarakat maritim yang berada di sekitar Pesisir Mako Lanal Banten, Selasa (10/08/2021).

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan instruksi dari Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. guna mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan pencegahan, penanggulangan dan penekanan terhadap peningkatan kasus yang diakibatkan Covid-19.

Kegiatan vaksinasi tersebut merupakan program vaksin lanjutan yang dilakukan oleh masyarakat maritim yang telah melaksanakan vaksin dosis pertama sebelumnya.

Sebelum dilakukan vaksinasi, secara bergantian peserta vaksinasi Covid-19, harus melewati beberapa tahapan, yang pertama adalah registrasi, kemudian screaning kesehatan, selanjutnya vaksinasi, pencatatan dan terakhir tempat observasi/ pemantauan.

Ditempat pemantauan, peserta diminta menunggu selama 30 menit untuk dipantau apakah ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Jika usai 30 menit dan tidak ada KIPI, maka peserta bisa meninggalkan tempat vaksinasi.

Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Budi Iryanto, M. Tr. Hanla dan seluruh jajaran Lanal Banten mengajak kepada masyarakat khususnya masyarakat maritim untuk melaksanakan vaksinasi yang dilaksanakan oleh BP TNI AL Banten seminggu dua kali di Mako Lanal Banten secara bertahap dan berlanjut, sesuai anjuran pemerintah sebagai upaya agar masyarakat terbebas dari Covid-19, sehingga kegiatan perekoniman dapat kembali berjalan normal. Adapun peserta vaksin hari ini sejumlah 34 orang dengan jumlah Tenaga Kesehatan sebanyak 8 orang, menggunakan vaksin jenis Sinovac Biofarma.

“Hingga saat ini sebanyak 5.916 orang masyarakat maritim Banten sudah tervaksin,” katanya.