Pemprov Banten Menggelar Vaksinasi Massal di Delapan Kabupaten Kota

Pemprov Banten Menggelar Vaksinasi Massal di Delapan Kabupaten Kota

Reporter : Akmal Perkasa I Editor : Aji rosyad

BANTEN – Pemerintah Provinsi Banten menggelar vaksinasi Covid-19 massal dengan target 200 ribu sasaran. Vaksinasi dilaksanakan secara serentak di delapan (8) Kabupaten/Kota di Provinsi Banten Selasa, (29/6/2021).

Gerakan vaksinasi Covid-19 yang dipusatkan di Auditorium Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Kampus Pabuaran, Kabupaten Serang ini juga dihadiri Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono, Rektor Untirta Fatah Sulaiman, Asda I Setda Provinsi Banten Septo Kalnadi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti, serta Perwakilan Forkopimda Provinsi Banten.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti, tujuan vaksinasi untuk menekan jumlah kasus Covid-19 di Provinsi Banten selain dengan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, serta Membatasi mobilitas) dan penguatan 3T (Tracking, Tracing, Treatment).

“Kami juga melaksanakan berbagai upaya percepatan vaksinasi. Tujuannya untuk menurunkan angka kesakitan dan angka kematian akibat Covid-19,” ungkapnya

“Juga sebagai upaya Pemerintah dalam memulihkan perekonomian Provinsi Banten,” tambah Ati.

Diharapkan, target penerima vaksinasi Covid-19 se Provinsi Banten mencapai 1,6 juta jiwa segera tercapai.

Dalam kunjungan itu, Wamenkes Dante Saksono sempat memantau dan berdialog dengan para tenaga kesehatan dan administrasi vaksinasi Covid-19 Pemprov Banten.

Dikatakan, saat ini vaksinasi dilaksanakan secara masif di seluruh wilayah Indonesia

“Semoga vaksinasi kedua juga dilaksanakan secara masif di Provinsi Banten,” ungkapnya.

Masih menurut Wamenkes, persoalan kelangkaan tabung oksigen untuk perawatan pasien kasus Covid-19 kini telah teratasi. Untuk Provinsi Banten, turut dibantu oleh PT Krakatau Steel siap membantu sebanyak 300 ribu tabung oksigen.

Dalam kesempatan itu, Wamenkes Dante Saksono juga melakukan telekonferensi dengan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan, serta perwakilan dari PT Krakatau Bandar Samudera.

Wamenkes juga mengaku bangga dan berterima kasih kepada masyarakat Provinsi Banten bahwa gerakan vaksinasi Covid-19 digelar secara inklusif. Melibatkan banyak pihak.

Berdasarkan data Dinkes Provinsi Banten,vaksinasi Covid-19 massal Kabupaten Lebak dilaksanakan di pasar tradisional, Kantor Kecamatan, gedung serbaguna, Balai Desa, Kantor Kepolisian, hingga Puskesmas.

Untuk Kabupaten Pandeglang, vaksinasi Covid-19 massal dilaksanakan di fasilitas kesehatan, pasar tradisional, serta di Polres Pandeglang.

Untuk Kota Serang, vaksinasi Covid-19 massal dilaksanakan di fasilitas kesehatan ditambah GOR Serang, Terminal Cipocok Jaya, dan Polres Kota Serang.

Sedangkan di Kabupaten Serang, vaksinasi Covid-19 massal digelar di Puskesmas, Indonesia Power, Cikande Modern, dan Polres Kabupaten Serang.

Di Kota Tangerang, vaksinasi Covid-19 massal dilaksanakan di fasilitas kesehatan, KKP Soekarno-Hatta, Puspemkot Tangerang, dan Polres Kota Tangerang.

Di Kabupaten Tangerang, vaksinasi Covid-19 massal dilaksanakan di fasilitas kesehatan, Centra Vaksin, Atma Jaya, QBIG, MAXX BOX, Ciputra, The Spring, Supermall, Suvarna Sutera, STPI Curug, serta Polres Kabupaten Tangerang.

Sedangkan di Kota Tangerang Selatan vaksinasi Covid-19 massal dilaksanakan di fasilitas kesehatan, Teraskota Mall, Sport Center Alam Sutera, Bintaro Exchange Mall, BSD Junction, Universitas Pamulang, Gereja Santo Laurensius, dan Polres Kota Tangerang Selatan.

Di Kota Cilegon, vaksinasi Covid-19 massal dilaksanakan di Puskesmas, Alun-alun Kota Cilegon, GOR Krakatau Ria, Kodim 0623 Cilegon, serta Polres Kota Cilegon.