Masa Pandemi, Ketua Kadin Kota Cilegon Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Ke Sesama

Masa Pandemi, Ketua Kadin Kota Cilegon Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Ke Sesama

Reporter : Akmal Perkasa I Editor : Aji Rosyad

CILEGON – Pandemi covid-19 yang tak kunjung usai ditambah lagi dengan pemberlakuan PPKM oleh pemerintah membuat para pelaku usaha industri dan UMKM menjerit.

Roda perekonomian yang semakin melemah, diberbagai sisi ini, juga sangat dirasakan oleh masyarakat tak terkecuali masyarakat Kota Cilegon.

Kondisi demikian membuat H. Sahruji, tokoh masyarakat yang juga menjabat Ketua Kadin Kota Cilegon berempati sekaligus berharap semua pihak terkait dapat terus meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

“Kami berharap ada langkah – langkah dari seluruh elemen  baik itu pemerintah daerah, industri maupun masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan rasa kepedulian dan tetap menjaga kondusifitas di Kota Cilegon,” ujar Sahruji, Kamis (12/8/2021).

“Selanjutnya adalah bagaimana kegiatan masyarakat tetap mengacu pada protokol kesehatan tapi kepentingan-kepentingan masyarakat harus diperhatikan dan di carikan solusi agar masyarakat tetap dapat melakukan aktifitas ekonomi untuk kepentingan menghidupi keluarganya,” imbuh Sahruji.

Disisi lain, Sahruji juga menekankan agar para pelaku industri yang sedang memiliki project di Kota Cilegon untuk mengutamakan SDM lokal.

“Jadi tenaga kerja lokal harus jadi prioritas bagi pelaku-pelaku usaha yang sedang berproses membangun di Kota Cilegon khususnya masyarakat terdampak pandemi ini,” ucap Sahruji.

Sahruji mengingatkan, aturan bagi pelibatan SDM lokal sudah jelas tertuang dalam undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta kerja.

“Pasal 90 itu sudah jelas tertuang bagi para investor yang berinvestasi di suatu daerah yang pertama agar mengutamakan tenaga kerja dari lingkungan setempat yang mampu dikerjakan tenaga lokal, untuk yang kedua harus memperhatikan masyarakat terdampak agar juga merasa nyaman dan menikmati proses pembangunan yang ada dilingkungan itu sendiri, sehingga ada rasa memiliki,” jelas Sahruji seraya menghimbau agar semua pihak terkait dapat mematuhi aturan tersebut.

Diakhir perbincangan H. Sahruji berjanji sebagai Ketua Kadin Kota Cilegon dirinya bersama segenap jajaranya akan berjuang maksimal agar tenaga kerja lokal dan para pengusaha lokal Cilegon tidak hanya menjadi penonton melainkan menjadi pelaku di daerahnya sendiri.