LSM LIRA Gagas Satu Desa, Satu Wartawan Awasi Kinerja Pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin

LSM LIRA Gagas Satu Desa, Satu Wartawan Awasi Kinerja Pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin

Reporter : W. suratman I Editor : Aji Rosyad

Jakarta — Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) tak pernah berhenti berinovasi, guna mendorong transparansi pengelolaan negara (KKN). Kali ini LIRA menggagas Program Satu Desa, Satu Wartawan.

Melalui Program Satu Desa, Satu Wartawan atau Reporter itu, LSM LIRA akan memperkuat jaringan pengawasan melalui media online Indonesia, www.liranews.com maupun www.liratv.id yang diwadahi Jaring Media Nusantara (JMN) yang dibentuk Presiden sekaligus Dewan Pendiri LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal.

“Saat ini era revolusi industri yang memungkinkan pertukaran informasi sangat cepat dan mudah diakses. Dengan memiliki Satu Wartawan atau Reporter di setiap Desa, maka LSM LIRA sudah memiliki Mata dan Telinga hingga kelapisan bawah,” tegas Jusuf Rizal, yang juga Ketua Umum PWMOI (Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia) itu kepada media, di Jakarta. Rabu, (4/8/2021).

Menurut pria berdarah Madura-Batak ini, Sekjen MOI (Media Online Indonesia) itu, sebagai bagian dari Relawan Jokowi-KH.Ma’ruf Amin The President Center, LSM LIRA akan turut ambil bagian mendorong transparansi pengelolaan negara, mulai dari Pusat hingga ke Desa.

Melalui program pembentukan jaringan wartawan atau reporter hingga ke desa tersebut, maka saat ini ada 75 ribu desa di seluruh Indonesia. Dengan demikian akan ada 75 ribu wartawan/reporter Jaring Media Nusantara (JMN) LSM LIRA.

“Saat ini hampir setiap orang memiliki HP. Dengan peralatan tersebut serta dengan legalitas Wartawan/Reporter dari media online Liranews dan Liratv, mereka sudah bisa melaksanakan perannya menyampaikan informasi apapun dari setiap desa,” tegas Jusuf Rizal sang aktivis penggiat anti korupsi itu.

Dikatakan, siapapun boleh bergabung dalam program “Satu Desa, Satu Wartawan”, baik yang sudah pernah jadi wartawan, pemula, pemuda, mahasiswa, pensiunan, pekerja hingga ibu rumah tangga.

Bagi pemula, lanjut Jusuf Rizal, nanti akan diberikan pelatihan teknik jurnalistik/wartawan dasar yang bisa dilakukan melalui virtual Zoom. Diberikan praktek menulis, sertifikat hingga Kartu Identitas wartawan/reporter sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Bagi mereka yang tertarik, lanjut Jusuf Rizal dapat menghubungi Jaring Media Nusantara (JMN) dengan Mustakim Ishak (0852-8261-0972) dan Heri. Kirimkan KTP, FOTO dan Isi Formulir kirimkan via email: redaksi.liratv@gmail.com/WA: 0812-9635-0779.

Sebagai freelancer diseluruh Indonesia dapat mencari iklan, profil, personal branding, advertorial dan lainnya agar memperoleh pendapatan yang dikelola secara profesional,” papar Jusuf Rizal wartawan senior yang sudah 40 tahun berkecimpung di dunia pers.