Hadiri Gladi Bersih Sidang Tahunan MPR RI, Bamsoet Pastikan Sidang Tahunan MPR RI Siap Digelar Besok

Hadiri Gladi Bersih Sidang Tahunan MPR RI, Bamsoet Pastikan Sidang Tahunan MPR RI Siap Digelar Besok

Reporter : W. Suratman / Akmal Perkasa I Editor : Kusman

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memastikan persiapan pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI sudah selesai keseluruhan. Sidang Tahunan MPR RI tahun 2021 akan digelar pada tanggal 16 Agustus 2021 secara sederhana dan dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Karena kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI akan kembali digelar secara luring dan daring. Sidang Tahunan digelar secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Presiden dan wakil presiden akan hadir secara fisik di Gedung Parlemen,” ujar Bamsoet usai gladi bersih Sidang Tahunan MPR RI di Gedung Parlemen, Jakarta, Minggu (15/8/21).

Turut hadir antara lain Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dan Arsul Sani, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco, Rahmat Gobel dan Azis Syamsuddin, serta Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI dan Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI  diselenggarakan di Gedung Nusantara Komplek Majelis, pada Senin, 16 Agustus 2021 pukul 08.30 WIB. Jumlah undangan Sidang Tahunan MPR RI mencapai 1.125 undangan. Terdiri dari 60 undangan yang hadir secara fisik, 975 undangan yang hadir secara virtual, dan 90 undangan streaming. 

“Undangan hadir fisik antara lain untuk Presiden, Wakil Presiden, para Menteri Koordinator, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Sekretaris Kabinet, Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Panglima TNI, dan Kapolri. Serta Ketua BPK, Ketua MA, Ketua MK, dan Ketua KY,” kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini memaparkan dalam Sidang Tahunan MPR RI, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato laporan kinerja lembaga-lembaga negara dalam menjalankan tugas dan kewenangannya selama setahun terakhir. Sehingga rakyat bisa mengetahui sejauhmana kinerja lembaga pemerintahan atau lembaga negara.

“Sidang Tahunan MPR RI juga akan disiarkan secara langsung melalui saluran TV nasional serta live streaming dari berbagai media sosial MPR RI. Sehingga masyarakat dari manapun bisa mengikuti jalannya Sidang Tahunan MPR RI,” pungkas Bamsoet.