Gubernur Banten Mengajak Seluruh Pihak Optimis Hadapi Pandemi Covid -19

Gubernur Banten Mengajak Seluruh Pihak Optimis Hadapi Pandemi Covid -19

Reporter : Aji Rosyad I Editor : Kusman

Banten – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengajak seluruh pihak untuk mengedepankan sikap dan rasa optimisme dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Hal itu diungkap Gubernur dalam sambutan yang dibacakan Asda I Setda Provinsi Banten Septo Kalnadi dalam pembukaan Gerai Vaksinasi Covid-19 Kerja Sama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten dengan Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kota Serang di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Kampus Sindangsari, Kabupaten Serang, Selasa, (3/8/2021).

Dikatakannya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk disiplin protokol kesehatan, dan vaksinasi sebagai komitken bersama untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19.

“Bahu membahu memutus mata rantai penularan dan penyebaran Covid-19,” ungkap Septo.

“Penerapan PPKM dapat mengurangi BOR perawatan kasus Covid-19,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, dijelaskan pula bahwa untuk mendirikan isolasi terpusat Pemprov Banten menghadapi kendala terbatasnya jumlah tenaga kesehatan. Khususnya, dokter spesialis paru.

Terkait vaksinasi, target sasaran vaksinasi Covid-19 Pemprov Banten mencapai 9.229.383 orang. Hingga 1 Agustus 2021, data kumulatif Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dosis 1 mencapai 1.757.029 orang atau 19,4%. Sedangkan untuk Vaksinasi Covid-19 Dosis 2 mencapai 794.608 orang atau 8,61%.   data  Sementara itu untuk cakupan Vaksinasi sasaran setar 9 juta tercapai 1,7 juta dosis 2

“Vaksinasi-19 memperkecil risiko kedaruratan,” ungkap Septo.

Dikatakannya, dalam penanganan pandemi Covid-19, Pemprov Banten fokus pada penanganan kesehatan, bantuan sosial, dan pemulihan ekonomi.

Dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Suryadimadja mengungkapkan, kegiatan Gerai Vaksinasi Covid-19 ini merupakan wujud sinergitas Kementerian Kesehatan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, Untirta, Pemprov Banten, dan Pemkot Serang. Kegiatan vaksinasi Covid-19 ini juga dilengkapi dengan edukasi dan sosialisasi : cinta, bangga, dan paham rupiah.

“Semoga dengan vaksinasi kita bisa terus berkarya untuk membangun Provinsi Banten dan Perekonomian Nasional,” ungkap Erwin.

Turut hadir Walikota Serang Syafrudin, Rektor Untirta Prof Dr Fatah Sulaiman, serta Ketua MUI Provinsi Banten KH AM Romli.