Anggota DPRD Lebak Minta Satgas Covid -19 Memperluas Faskes yang Layak

Anggota DPRD Lebak Minta Satgas Covid -19 Memperluas Faskes yang Layak

Oleh : Aji rosyad I Editor : Kusman

LEBAK – Anggota DPRD Kabupaten Lebak Aad Fidaus meminta Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid -19 memaksimalkan tim satgas agar memperluas Fasilitas Kesehatan (Faskes) dan pelayanan kesehatan yang layak. Hal itu, mengingat Kabupaten Lebak saat ini menjadi kasawan Zona Merah.

“Kami minta agar memaksimalkan Satgas – satgas yang dibentuk di skala Mikro untuk memperluas faskes dan fasilitas layanan penanganan dengan cara memecah penanganan dari tingkat Rumah sakit ke tingkat Puskesmas. Sehingga mampu mendeteksi lebih awal seperti rapid dan swab pcr di tingkat Kecamatan atau Puskesmas,”tegas Aad Firdaus, Kamis, (1/7/2021).

Politisi Fraksi Perindo ini pun berharap agar Satgas Covid Kabupaten dan Kecamatan dapat turun bersentuhan dengan masyarakat. Selain itu, Satgas juga mengkampanyekan gerakan pencegahan Covid -19.

“Tentu ketika Lebak ini dinyatakan Zona merah, tim Satgas harus memaksimalkan untuk melakukan gerakan pencegahan juga himbauan terhadap masyarakat. Selain itu, yang terpenting Faskes di setiap pelosok daerah di perluas dan di maksimalkan,”katanya.

Aad juga menyoroti Soal tenda darurat, ia mengklaim tidak paham jika tenda darurat tersebut diperuntukan untuk layanan penanganan orang sakit. Menurutnya, jangan pun tenda, gedung saja jika di peruntukan untuk layanan orang yang sakit harus memiliki kriteria khusus dengan standar tertentu.

“Soal tenda saya blum faham kalo tenda bisa digunakan untuk layanan penanganan orang sakit. Soalnya untuk gedung saja kalo untuk layanan kesehatan harus memliki kriteria khusus dengan standar tertentu. Tapi, jika kehadiran tenda- tenda darurat itu untuk memisahkan ruang tunggu dalam kondisi darurat sperti ini saya bisa mengerti,” tegasnya.

Intinya, lanjut Aad, dalam kondisi Lebak sebagai Zona merah, fasilitas kesehatan yang paling penting yang harus di utamakan dan di maksimalkan.

“Initnya, ketersediaan Faskes yang harus di utamakan. Dan tim satgas juga harus terjun langsung ke masyarakat selain dari pada menghimbau agar mematuhi prokes, juga memaksimalkan layanan kesehatan,” katanya.